July 24, 2009

7 Cara Mengatasi Dosa

Sebelum kita berkomitmen terhadap Yesus, mungkin kita tidak terlalu peka terhadap dosa yang kita buat. Atau mungkin kita tahu kita berdosa, tapi kita tak mau ambil pusing dan menghiraukannya. Tapi sekarang kita telah memulai suatu hidup baru bersama Yesus, dan terang dari ajaran – ajaranNya mungkin membuat kita semakin peka terhadap kegelapan dosa. Sebenarnya apa sih dosa itu dan bagaimanakah cara kita untuk menghadapinya?

Manusia sering kali berdosa, mulai dari berbohong, mencuri, membunuh, dan banyak lagi perbuatan jahat lainny yang sudah pasti kita tahu itu dosa. Namun ternyata, dosa lebih dari itu. Ternyata di dalam diri kita semua sebagai manusia ada yang disebut egoisme yang sudah menjadi sifat bawaan tiap manusia. Karena egoisme inilah, terkadang kita sendiri bisa terkejut dengan tindakan dosa yang kita lakukan. Dan siapapun kita, sehebat dan sesukses apapun kita, kita tidak sanggup melepaskan diri kita sepenuhnya dari dosa. Termasuk saya dan anda. Dan oleh sebab itulah Tuhan Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan kita, memaafkan, dan membersihkan kita.

Namun, kita juga tahu, sifat bawaan kita yang berdosa bukanlah satu-satunya faktor utama. Kita juga selalu digoda oleh setan, musuh utama kita. Bukan hanya kita, saat Yesus turun ke dunia, Ia juga telah dicobai dan digoda oleh setan sebanyak tiga kali sebelum Ia memulai pengajaranNya. Setan selalu saja mencoba untuk membawa kita keluar dari jalur yang salah dan menggoda kita untuk menjauh dari Bapa.

Tetapi Tuhan telah memberikan kita senjata yang kuat untuk melawan setan. Ketika kita telah percaya kepada Yesus Sang Juru Selamat, Roh Kudus diberikan Bapa kepada kita dan selalu tinggal di dalam kita. Roh Kudus membuat kita hidup secara rohaniah, bukan badaniah. Dengan Roh Kudus kita diberikan kekuatan untuk mengatasi dosa. Sampai saat ini saya sendiri selalu saja jatuh bangun dalam dosa, namun mari kita mencoba untuk membuat strategi jitu untuk melawan dosa bersama Bapa kita.

Cara Pertama, Percayalah pada Tuhan.

Kita harus percaya bahwa Tuhan selalu bersama kita untuk menolong kita. Bapa kita yang begitu setia tidak pernah meninggalkan kita. Ia adalah kekuatan bagi kita. Dan Ia adalah bantuan terhebat dan terkuat bagi kita. Kita tahu tidak ada yang lebih kuat daripadaNya. Karena kita telah ditolong oleh sosok yang Terhebat, kenapa kita harus takut kalah atas dosa?

Cara Kedua, Rendah Hatilah

Selama kita sombong dan merasa kita sendiri mampu menghadapi masalah dan dosa, kita akan gagal. Karena kita hanya kuat jika kita menyerahkan semua kekuatan pada Bapa kita.

Cara Ketiga, Lawanlah

Lawanlah godaan yang datang. Tuhan sedang membangun karakter kita dengan mengizinkan berbagai pencobaan dan godaan datang kepada kita. Setiap kali kita belajar untuk mengatakan tidak pada dosa, akan lebih mudah bagi kita untuk mengatakan tidak pada cobaan-cobaan berikutnya.

Cara Keempat, Melarikan diri

Mungkin ini terkesan berlawanan dengan cara yang ketiga. Ada saatnya kita harus melawan godaan yang datang. Tapi ada kalanya, saat kita bisa menjauhkan diri kita sejauh mungkin dari sumber cobaan, kenapa kita tidak menjauh dan malah mencoba –coba untuk digoda?

Cara Kelima, Berpegang pada Kebenaran

Kita selalu berbuat apa yang kita anggap benar. Jika kita percaya bahwa uang adalah kebahagiaan, kita akan mulai bertindak untuk menimbun uang dengan segala cara. Jadi, janganlah berpegang pada kebenaran yang salah. Berpeganglah pada Bapa dan ajaranNya yang akan memotivasi kita untuk keluar dari jalan yang salah.

Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah muridKu dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakanmu (Yohanes 8:31-32).

Cara Keenam, Berdoa

Doa menghubungkan kita langsung pada Bapa kita dan ini sangat membantu kita dalam mengatasi godaan. Roh kita selalu ingin menjauh dari godaan, namun kita tahu bahwa tubuh kita lemah terhadap godaan. Dengan berdoa, kita dikuatkan, karena saat kita berdoa, Bapa kita akan membantu kita melemahkan segala godaan.

Cara Ketujuh, Kasihilah Tuhan dan Ingatlah Ia mengasihi kita

Saat kita mencintai seseorang dan merasa begitu dicintai, kita akan sulit untuk melakukan hal-hal yang menyakiti orang yang kita cintai. Maka dari itu, dengan mengasihi Bapa kita dan mengingat kasihNya yang begitu besar pada kita, kita akan termotivasi untuk menang atas perbuatan dosa. Kasih lebih besar dari segala godaan.

6 comments:

  1. Hey there! This is my first visit to your blog! We are a group of
    volunteers and starting a new project in a community in
    the same niche. Your blog provided us beneficial information to work on.
    You have done a extraordinary job!

    Feel free to surf to my web site; Dayton Movers

    ReplyDelete
  2. Nice post. I learn something new and challenging on
    sites I stumbleupon every day. It's always useful to read content from other authors and practice something from other sites.

    Here is my blog post simply click the up coming web site

    ReplyDelete
  3. I was suggested this blog by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my trouble.

    You're amazing! Thanks!


    hvac minneapolis mn

    ReplyDelete
  4. Unquestionably believe that which you stated.

    Your favorite reason appeared to be on the
    internet the simplest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked while
    people consider worries that they plainly do not know about.
    You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole
    thing without having side effect , people could take a signal.
    Will probably be back to get more. Thanks



    Garcinia cambogis reviews

    ReplyDelete
  5. Thanks for sharing, make me feel the bless, all us support this blog and write more else about, what the meaning of life with Jesus Crist becuase He is great.

    ReplyDelete
  6. Cash App is a mobile payment service that allows users to send and receive money quickly and securely. With features like direct deposits, Bitcoin trading, and a Cash Card for physical purchases, Cash App names to request money from simplifies financial transactions and provides a user-friendly interface.

    ReplyDelete